S1 Pendidikan Matematika

Jika anda yang sedang mencari informasi S1 Pendidikan Matematika, maka Program Studi D3,S1 dan S2 akan menyampaikan tentang S1 Pendidikan Matematika seperti dibawah ini:


KLIK DISINI UNTUK BERTANYA DI WHATSAPP


S1 Pendidikan Matematika

Nama Program Studi : Pendidikan Matematika (S-1)
Rumpun Ilmu : Ilmu Pendidikan
Konsentrasi/Kekhususan/Peminatan : ¤ Pendidikan Matematika
Gelar/Sebutan Lulusan : Sarjana Pendidikan
Singkatan Gelar sesuai EYD : S.Pd.
Singkatan Gelar yang populer (digunakan masyarakat/umum) : SPd.



Beban Studi dan Masa Studi :  
Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke
S1 Pendidikan Matematika
Beban Studi = 144 - 152 sks Masa Studi =
8 semester
Lulusan D3, Politeknik, sederajat melanjutkan ke
S1 Pendidikan Matematika
Beban Studi = 40 - 46 sks
(bila tidak sebidang ilmu ditambah 2 - 21 sks, tergantung program studinya)
Masa Studi =
3 semester
Lulusan D2, S1, D1, pindahan melanjutkan ke
S1 Pendidikan Matematika
Beban Studi = dihitung dari sisa sks Masa Studi =
Dihitung sisa sks

Kurikulum/Mata Kuliah : Lihat di bawah ini
Prospektus (Tujuan, Kompetensi, Prospek Kerja/Karir Lulusan) : Lihat di bawah ini

Gelar/sebutan tersebut di atas adalah gelar yang sering digunakan (belum tentu digunakan PTS terkait).

Mengenai gelar (untuk S1, S2, S3) atau sebutan (untuk diploma) yang digunakan oleh perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah tidak baku (tidak standard) lagi, walaupun pemerintah telah membuat peraturannya, namun sebagian besar perguruan tinggi hanya mematuhi sebagian dari peraturan tersebut. Hal ini tidak dapat disalahkan, karena perkembangan rumpun ilmu yang sangat pesat dan memunculkan cabang-cabang ilmu baru yang merupakan integrasi dari beberapa rumpun ilmu, sehingga menyulitkan perguruan tinggi untuk mengelompokkan cabang tersebut terhadap rumpun ilmu yang dibuat pemerintah.

Demikian pula dengan cara membuat singkatan gelar/sebutan tersebut, masyarakat cenderung membuat singkatan sendiri yang justru lebih populer dibandingkan aturan EYD Bahasa Indonesia.

Di bawah ini diberikan kurikulum/mata kuliah dan prospektus (kompetensi alumnus, prospek kerja/karir lulusan, dsb). Untuk mata kuliah program studi Pendidikan Matematika (S-1) yang disampaikan disini adalah irisan (dan sebagian gabungan) dari kurikulum beberapa perguruan tinggi, sehingga dimungkinkan beberapa mata kuliah pilihan tidak ada di perguruan terkait, atau nama mata kuliahnya sedikit berbeda.


Prospektus S1 Pendidikan Matematika
Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Matematika

A. KOMPETENSI KHUSUS

Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika dibekali dengan pengetahuan, etika, kepekaan, ketrampilan dan kemampuan sebagai :

1. Pendidik Profesional di bidang Pendidikan Matematika
  • Menguasai dasar-dasar ilmiah dan disiplin ilmu dalam bidang pendidikan matematika sehingga mampu mengidentifikasi, memahami, menjelaskan, mengevaluasi/menganalisis secara kritis dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam bidang pendidikan matematika
  • Memiliki kemampuan mengembangkan teori-teori belajar mengajar, mengevaluasi hasil belajar, dan merencanakan pembelajaran matematika dengan penguasaan yang tinggi.
  • Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik, benar, dan santun dalam ragam lisan dan tulisan sebagai Pendidik Profesional, serta kehidupan sehari-hari.
  • Memiliki kemampuan mengelola dan mengembangkan kehidupan masyarakat profesi.
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola dan mengembangkan kemampuan peserta didiknya.

2. Peneliti di bidang Pendidikan Matematika
  • Memiliki kemampuan mengembangkan perilaku kependidikan berkenaan dengan kehidupan dan kegiatan kependidikan berlandaskan dasar keilmuan kependidikan, terutama etika profesional, riset bidang kependidikan, dan organisasi kependidikan.
  • Memiliki kemampuan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan matematika.
  • Memiliki kemampuan meningkatkan pemahaman teks berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris, untuk keperluan akademis dan profesi guru matematika atau peneliti matematika.
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tertulis dalam Bahasa Inggris khususnya pada bidang pendidikan matematika
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk penelitian di bidang pendidikan matematika.

3. Enterpreneur dan Penyelenggara pada Lembaga Pendidikan, Bimbingan Belajar dan Biro Les Privat.
  • Memiliki kemampuan mendirikan, mengelola, dan mengembangkan usaha di bidang pendidikan matematika secara kreatif dan sesuai perkembangan dunia pendidikan.
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola dan mengembangkan usaha jasanya.

4. Konsultan dalam Pengelolaan Data Penelitian
  • Memiliki kemampuan berpikir kritis dan logis, serta memahami metode kualitatif dan kuantitatif yang dibutuhkan untuk mengelola data penelitian.
  • Memiliki kemampuan mengaplikasikan matematika dalam berbagai bidang ilmu lain serta dalam bidang ilmu terapan.
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola data penelitian.


B. KOMPETENSI UMUM

Kompetensi umum Sarjana Pendidikan Matematika adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang pendidikan matematika; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang pendidikan matematika, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang pendidikan matematika, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Pendidikan Matematika
Sarjana Pendidikan Matematika dapat bekerja dan berkarir di lembaga penelitian, lembaga pendidikan (sekolah, perguruan tinggi (PTN dan PTS)), serta di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai Pendidik Profesional di bidang Pendidikan Matematika, Peneliti Pendidikan Matematika, Pemimpin/Manajer Pendidikan Matematika, Konsultan Pendidikan Matematika, dsb.

Menjadi Entreprenuer (wirausahawan) yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi, dengan mendirikan usaha jasa di bidang pendidikan seperti Lembaga Pendidikan (SD, SLTP, SLTA, Perguruan Tinggi), Bimbingan Belajar, Biro Les Privat; atau mendirikan usaha jasa konsultan di bidang Pendidikan Matematika.

Mata Kuliah S1 Pendidikan Matematika
* = Mata Kuliah Pilihan Khusus / Pilihan Umum

Mata KuliahSKS
Aljabar Linear3
Aljabar Matriks2
Aljabar Umum *3
Analisis Kompleks3
Analisis Kurikulum dan Perencanaan Pengajaran Matematika *3
Analisis Numerik3
Analisis Real I3
Analisis Real II3
Analisis Regresi *3
Analisis Vektor3
Aplikasi Komputer (Teknologi Informasi)3
Asesmen Pembelajaran Matematika *4
Bahasa Indonesia2
Bahasa Inggris2
Bahasa Inggris II *2
Bahasa Inggris III *2
Bahasa Inggris IV *2
Bimbingan dan Konseling *2
Biologi Umum *3
Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika3
Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika3
Filsafat Matematika *2
Fisika Dasar I2
Fisika Dasar II2
Fungsi Variabel Kompleks *2
Geometri *2
Geometri Analitik3
Geometri Bidang *3
Geometri Ruang *3
Geometri Transformasi3
Ilmu Sosial dan Budaya Dasar2
Kajian dan Pengembangan Matematika Sekolah I3
Kajian dan Pengembangan Matematika Sekolah II *3
Kajian dan Pengembangan Matematika Sekolah III *3
Kajian Lingkungan Hidup *2
Kalkulus I3
Kalkulus II3
Kalkulus III3
Kalkulus Lanjut *3
Kapita Selekta Matematika I3
Kapita Selekta Matematika II3
Kapita Selekta Matematika III *3
Kapita Selekta Matematika IV *3
Kewirausahaan2
Kimia Dasar3
Kuliah Kerja Nyata Mandiri (KKNM)2

Mata KuliahSKS
Kurikulum dan Pembelajaran *2
Landasan Pendidikan *3
Matematika Diskrit3
Matematika Ekonomi *3
Metode Penelitian Pendidikan Matematika3
Microteaching *3
Model Pembelajaran Matematika *3
Network Planning *2
Nilai Awal dan Syarat Batas3
Pedoman Penulisan Skripsi2
Pendidikan Agama2
Pendidikan Kewarganegaraan2
Pendidikan Pancasila2
Penelitian Pendidikan Matematika3
Pengajaran Matematika SD *3
Pengantar Dasar Matematika3
Pengantar Pendidikan3
Pengantar Topologi *2
Pengelolaan Pendidikan2
Perencanaan Pengajaran Matematika2
Perkembangan dan Bimbingan Peserta Didik2
Persamaan Diferensial3
Persoalan Nilai Awal dan Syarat Batas *3
Praktek Pengalaman Lapangan Terpadu *4
Problematika Pembelajaran Matematika *3
Profesi Kependidikan2
Program Komputer I2
Program Komputer II2
Program Latihan Profesi4
Program Linear3
Program Pengalaman Lapangan4
Sejarah Matematika *2
Seminar Pendidikan Matematika *2
Skripsi6
Statistika Dasar3
Statistika Matematika I3
Statistika Matematika II3
Statistika Penelitian Pendidikan Matematika *3
Strategi dan Media Pembelajaran Matematika *4
Struktur Aljabar I3
Struktur Aljabar II3
Telaah Kurikulum Matematika *2
Teori Bilangan2
Teori Graph *3
Trigonometri2

No comments

Powered by Blogger.