S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Jika anda yang sedang mencari informasi S1 Pendidikan Bahasa Inggris, maka Program Studi D3,S1 dan S2 akan menyampaikan tentang S1 Pendidikan Bahasa Inggris seperti dibawah ini:


KLIK DISINI UNTUK BERTANYA DI WHATSAPP


S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Nama Program Studi : Pendidikan Bahasa Inggris (S-1)
Rumpun Ilmu : Ilmu Pendidikan
Konsentrasi/Kekhususan/Peminatan : ¤ Pendidikan Bahasa Inggris
Gelar/Sebutan Lulusan : Sarjana Pendidikan
Singkatan Gelar sesuai EYD : S.Pd.
Singkatan Gelar yang populer (digunakan masyarakat/umum) : SPd.



Beban Studi dan Masa Studi :  
Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke
S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Beban Studi = 144 - 152 sks Masa Studi =
8 semester
Lulusan D3, Politeknik, sederajat melanjutkan ke
S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Beban Studi = 40 - 46 sks
(bila tidak sebidang ilmu ditambah 2 - 21 sks, tergantung program studinya)
Masa Studi =
3 semester
Lulusan D2, S1, D1, pindahan melanjutkan ke
S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Beban Studi = dihitung dari sisa sks Masa Studi =
Dihitung sisa sks

Kurikulum/Mata Kuliah : Lihat di bawah ini
Prospektus (Tujuan, Kompetensi, Prospek Kerja/Karir Lulusan) : Lihat di bawah ini

Gelar/sebutan tersebut di atas adalah gelar yang sering digunakan (belum tentu digunakan PTS terkait).

Mengenai gelar (untuk S1, S2, S3) atau sebutan (untuk diploma) yang digunakan oleh perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah tidak baku (tidak standard) lagi, walaupun pemerintah telah membuat peraturannya, namun sebagian besar perguruan tinggi hanya mematuhi sebagian dari peraturan tersebut. Hal ini tidak dapat disalahkan, karena perkembangan rumpun ilmu yang sangat pesat dan memunculkan cabang-cabang ilmu baru yang merupakan integrasi dari beberapa rumpun ilmu, sehingga menyulitkan perguruan tinggi untuk mengelompokkan cabang tersebut terhadap rumpun ilmu yang dibuat pemerintah.

Demikian pula dengan cara membuat singkatan gelar/sebutan tersebut, masyarakat cenderung membuat singkatan sendiri yang justru lebih populer dibandingkan aturan EYD Bahasa Indonesia.

Di bawah ini diberikan kurikulum/mata kuliah dan prospektus (kompetensi alumnus, prospek kerja/karir lulusan, dsb). Untuk mata kuliah program studi Pendidikan Bahasa Inggris (S-1) yang disampaikan disini adalah irisan (dan sebagian gabungan) dari kurikulum beberapa perguruan tinggi, sehingga dimungkinkan beberapa mata kuliah pilihan tidak ada di perguruan terkait, atau nama mata kuliahnya sedikit berbeda.


Prospektus S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris

A. KOMPETENSI KHUSUS

Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dibekali dengan pengetahuan, etika, kepekaan, ketrampilan dan kemampuan sebagai :

1. Pendidik Profesional di bidang Pendidikan Bahasa Inggris
  • Menguasai dasar-dasar ilmiah dan disiplin ilmu dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris sehingga mampu mengidentifikasi, memahami, menjelaskan, mengevaluasi/menganalisis secara kritis dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris
  • Memiliki kemampuan mengembangkan teori-teori belajar mengajar, mengevaluasi hasil belajar, dan merencanakan pembelajaran Bahasa Inggris dengan penguasaan yang tinggi.
  • Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik, benar, dan santun dalam ragam lisan dan tulisan sebagai Pendidik Profesional, serta kehidupan sehari-hari.
  • Memiliki kemampuan mengelola dan mengembangkan kehidupan masyarakat profesi.
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola dan mengembangkan kemampuan peserta didiknya.

2. Peneliti di bidang Pendidikan Bahasa Inggris
  • Memiliki kemampuan mengembangkan perilaku kependidikan berkenaan dengan kehidupan dan kegiatan kependidikan berlandaskan dasar keilmuan kependidikan, terutama etika profesional, riset bidang kependidikan, dan organisasi kependidikan.
  • Memiliki kemampuan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan Bahasa Inggris.
  • Memiliki kemampuan meningkatkan pemahaman teks Bahasa Inggris, untuk keperluan akademis dan profesi guru Bahasa Inggris atau peneliti Bahasa Inggris.
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tertulis dalam Bahasa Inggris.
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk penelitian di bidang pendidikan Bahasa Inggris.

3. Enterpreneur dan Penyelenggara pada Lembaga Pendidikan, Bimbingan Belajar dan Biro Les Privat.
  • Memiliki kemampuan mendirikan, mengelola, dan mengembangkan usaha di bidang pendidikan Bahasa Inggris secara kreatif dan sesuai perkembangan dunia pendidikan.
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola dan mengembangkan usaha jasanya.

4. Konsultan dalam Pengelolaan Data Penelitian
  • Memiliki kemampuan berpikir kritis dan logis, serta memahami metode kualitatif dan kuantitatif yang dibutuhkan untuk mengelola data penelitian.
  • Memiliki kemampuan mengaplikasikan Bahasa Inggris dalam berbagai bidang ilmu lain.
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola data penelitian.


B. KOMPETENSI UMUM

Kompetensi umum Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang pendidikan Bahasa Inggris, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang pendidikan Bahasa Inggris, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris dapat bekerja dan berkarir di lembaga penelitian, lembaga pendidikan (sekolah, perguruan tinggi (PTN dan PTS)), serta di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai Pendidik Profesional di bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Peneliti Pendidikan Bahasa Inggris, Pemimpin/Manajer Pendidikan Bahasa Inggris, Konsultan Pendidikan Bahasa Inggris, dsb.

Menjadi Entreprenuer (wirausahawan) yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi, dengan mendirikan usaha jasa di bidang pendidikan seperti Lembaga Pendidikan (SD, SLTP, SLTA, Perguruan Tinggi), Bimbingan Belajar, Biro Les Privat; atau mendirikan usaha jasa konsultan di bidang Pendidikan Bahasa Inggris.

Mata Kuliah S1 Pendidikan Bahasa Inggris
* = Mata Kuliah Pilihan Khusus / Pilihan Umum

Mata KuliahSKS
Advanced Reading *2
American Studies 1 *4
American Studies 2 *2
Aplikasi Komputer (Dasar Teknologi Informasi)3
Aplikasi Komputer (Dasar Teknologi Informasi) Lanjut *3
Apprenticeship *2
Bahasa Indonesia2
Belajar dan Pembelajaran2
Business English 1 *4
Business English 2 *2
Cross Cultural Understanding2
Curriculum & Material Development.2
Dictation *2
Drama2
English For Business & Economics *2
English for Specific Purposes (ESP)2
English Morphology2
English Phonology2
English Syntax2
Evaluasi Pembelajaran *3
EYL 1 *4
EYL 2 *2
Grammar2
Ilmu Alamiah Dasar2
Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar2
Instructional Design2
Interpreting *2
Introduction to Linguistics2
Introduction to Literature2
Kuliah Kerja Mahasiswa (KKN)3
Language Assessment & Evaluation2
Language Teaching Strategy2
Listening Comprehension 12
Listening Comprehension 22
Listening Comprehension 3 *2
Listening Comprehension 4 *2
Microteaching *2
Morpho-syntax *2
Pendidikan Agama2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan3
Pengantar Pendidikan2
Pengelolaan Pendidikan2
Pengembangan Kurikulum2
Perencanaan & Strategi Pembelajaran3
Perkembangan Belajar Peserta Didik2
Phonology English *2
Poetry2

Mata KuliahSKS
Principles of Interpreting2
Principles of Translating2
Profesi Kependidikan (Keguruan)2
Program Pengalaman Lapangan (PPL)4
Pronunciation Practice 12
Pronunciation Practice 22
Prose2
Psikologi Pendidikan *2
Psycholinguistics2
Reading 12
Reading 22
Reading 3 *2
Reading Comprehension I4
Reading Comprehension II4
Reading Comprehension III *4
Reading Comprehension IV *4
Resaearch In English Language Teaching2
Semantics2
Seminar On English Language Teaching3
Skripsi6
Sociolinguistics2
Speaking 12
Speaking 22
Speaking 32
Speaking 4 *2
Speaking 5 *2
Statistics In Education2
Structure 12
Structure 22
Structure 32
Structure 4 *2
Sumber Belajar & Media Pembelajaran *3
Teaching Listening & Speaking For Children3
Teaching Reading & Writing For Children *3
Teaching Vocational English2
TEFL *3
Thesis Writing *2
TOEFL Preparation2
Translation 12
Translation 2 *3
Translation 3 *2
Vocabulary2
Writing 12
Writing 22
Writing 32
Writing 4 *2

No comments

Powered by Blogger.