S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Jika anda yang sedang mencari informasi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, maka Program Studi D3,S1 dan S2 akan menyampaikan tentang S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia seperti dibawah ini:


KLIK DISINI UNTUK BERTANYA DI WHATSAPP


S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Nama Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S-1)
Rumpun Ilmu : Ilmu Pendidikan
Konsentrasi/Kekhususan/Peminatan : ¤ Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Gelar/Sebutan Lulusan : Sarjana Pendidikan
Singkatan Gelar sesuai EYD : S.Pd.
Singkatan Gelar yang populer (digunakan masyarakat/umum) : SPd.



Beban Studi dan Masa Studi :  
Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke
S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Beban Studi = 144 - 152 sks Masa Studi =
8 semester
Lulusan D3, Politeknik, sederajat melanjutkan ke
S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Beban Studi = 40 - 46 sks
(bila tidak sebidang ilmu ditambah 2 - 21 sks, tergantung program studinya)
Masa Studi =
3 semester
Lulusan D2, S1, D1, pindahan melanjutkan ke
S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Beban Studi = dihitung dari sisa sks Masa Studi =
Dihitung sisa sks

Kurikulum/Mata Kuliah : Lihat di bawah ini
Prospektus (Tujuan, Kompetensi, Prospek Kerja/Karir Lulusan) : Lihat di bawah ini

Gelar/sebutan tersebut di atas adalah gelar yang sering digunakan (belum tentu digunakan PTS terkait).

Mengenai gelar (untuk S1, S2, S3) atau sebutan (untuk diploma) yang digunakan oleh perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah tidak baku (tidak standard) lagi, walaupun pemerintah telah membuat peraturannya, namun sebagian besar perguruan tinggi hanya mematuhi sebagian dari peraturan tersebut. Hal ini tidak dapat disalahkan, karena perkembangan rumpun ilmu yang sangat pesat dan memunculkan cabang-cabang ilmu baru yang merupakan integrasi dari beberapa rumpun ilmu, sehingga menyulitkan perguruan tinggi untuk mengelompokkan cabang tersebut terhadap rumpun ilmu yang dibuat pemerintah.

Demikian pula dengan cara membuat singkatan gelar/sebutan tersebut, masyarakat cenderung membuat singkatan sendiri yang justru lebih populer dibandingkan aturan EYD Bahasa Indonesia.

Di bawah ini diberikan kurikulum/mata kuliah dan prospektus (kompetensi alumnus, prospek kerja/karir lulusan, dsb). Untuk mata kuliah program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S-1) yang disampaikan disini adalah irisan (dan sebagian gabungan) dari kurikulum beberapa perguruan tinggi, sehingga dimungkinkan beberapa mata kuliah pilihan tidak ada di perguruan terkait, atau nama mata kuliahnya sedikit berbeda.


Prospektus S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

A. KOMPETENSI KHUSUS

Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dibekali dengan pengetahuan, etika, kepekaan, ketrampilan dan kemampuan sebagai :

1. Pendidik Profesional di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Menguasai dasar-dasar ilmiah dan disiplin ilmu dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sehingga mampu mengidentifikasi, memahami, menjelaskan, mengevaluasi/menganalisis secara kritis dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Memiliki kemampuan mengembangkan teori-teori belajar mengajar, mengevaluasi hasil belajar, dan merencanakan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dengan penguasaan yang tinggi.
  • Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik, benar, dan santun dalam ragam lisan dan tulisan sebagai Pendidik Profesional, serta kehidupan sehari-hari.
  • Memiliki kemampuan mengelola dan mengembangkan kehidupan masyarakat profesi.
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola dan mengembangkan kemampuan peserta didiknya.

2. Peneliti di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Memiliki kemampuan mengembangkan perilaku kependidikan berkenaan dengan kehidupan dan kegiatan kependidikan berlandaskan dasar keilmuan kependidikan, terutama etika profesional, riset bidang kependidikan, dan organisasi kependidikan.
  • Memiliki kemampuan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  • Memiliki kemampuan meningkatkan pemahaman teks berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris, untuk keperluan akademis dan profesi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia atau Peneliti Bahasa dan Sastra Indonesia.
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tertulis dalam Bahasa Inggris khususnya pada bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk penelitian di bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

3. Enterpreneur dan Penyelenggara pada Lembaga Pendidikan, Bimbingan Belajar dan Biro Les Privat.
  • Memiliki kemampuan mendirikan, mengelola, dan mengembangkan usaha di bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia secara kreatif dan sesuai perkembangan dunia pendidikan.
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola dan mengembangkan usaha jasanya.

4. Konsultan dalam Pengelolaan Data Penelitian
  • Memiliki kemampuan berpikir kritis dan logis, serta memahami metode kualitatif dan kuantitatif yang dibutuhkan untuk mengelola data penelitian.
  • Memiliki kemampuan mengaplikasikan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam berbagai bidang ilmu lain serta dalam bidang ilmu terapan.
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola data penelitian.


B. KOMPETENSI UMUM

Kompetensi umum Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dapat bekerja dan berkarir di lembaga penelitian, lembaga pendidikan (sekolah, perguruan tinggi (PTN dan PTS)), serta di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai Pendidik Profesional di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Peneliti Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pemimpin/Manajer Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Konsultan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dsb.

Menjadi Entreprenuer (wirausahawan) yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi, dengan mendirikan usaha jasa di bidang pendidikan seperti Lembaga Pendidikan (SD, SLTP, SLTA, Perguruan Tinggi), Bimbingan Belajar, Biro Les Privat; atau mendirikan usaha jasa konsultan di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Mata Kuliah S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
* = Mata Kuliah Pilihan Khusus / Pilihan Umum

Mata KuliahSKS
Aliran Linguistik2
Analisis Kesalahan Berbahasa2
Analisis Wacana *2
Apresiasi Prosa, Fiksi, dan Drama4
Apresiasi Puisi4
Bahasa Bantu *2
Bahasa Inggris I2
Bahasa Inggris II2
Bahasa Inggris III *2
Bahasa Inggris IV *2
Belajar dan Pembelajaran4
Bimbingan Konseling *2
Dasar-dasar kebudayaan *2
Dasar-dasar Penelitian *2
Esai dan Kritik Sastra *2
Etika Berkomunikasi *2
Etnografi komunikasi *2
Evaluasi Pembelajaran *3
Evaluasi Pengajaran Bahasa Indonesia2
Fonologi Bahasa Indonesia3
Fotografi dan Dokumentasi *2
Gerak & Oratori & Perencanaan Pementasan *3
Ilmu Alamiah Dasar2
Kajian Prosa, Fiksi, dan Drama4
Kajian Puisi *2
Kepenyiaran *3
Keterampilan Berbahasa dan Bersastra: Berbicara4
Keterampilan Berbahasa dan Bersastra: Berbicara Lanjut4
Keterampilan Berbahasa dan Bersastra: Korespondensi2
Keterampilan Berbahasa dan Bersastra: Membaca I3
Keterampilan Berbahasa dan Bersastra: Membaca II3
Keterampilan Berbahasa dan Bersastra: Menulis I3
Keterampilan Berbahasa dan Bersastra: Menulis II3
Keterampilan Berbahasa dan Bersastra: Menulis III4
Keterampilan Berbahasa dan Bersastra: Menyimak dan Berbicara3
Keterampilan Berbahasa dan Bersastra: Penulisan Populer3
Keterampilan Berbahasa dan Bersastra: Resensi2
Keterampilan Berbahasa dan Bersastra: Retorika2
Kewirausahaan2
Komputer (Teknologi Informasi)3
Komputer (Teknologi Informasi) Lanjut *3
Komunikasi Pendidikan *2
Kuliah Kerja Nyata4
Kultur dan Kepribadian *2
Linguistik Komparatif *2
Linguistik Umum2
Logika Bahasa *2
Manajemen Penerbitan *2
Mantik (Logika) *2
Media Pengajaran *2
Menulis Sastra *2
Metode Kajian Bahasa *2
Metode Kajian Sastra *2
Metode Penelitian Bahasa2
Morfologi Bahasa Indonesia3
Pedoman Penulisan Skripsi3
Peer Teaching2
Peliputan dan Penulisan Berita *2
Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia3
Pembinaan Majalah sekolah *2
Pementasan Drama *4
Pemerolehan Bahasa2
Pendidikan Agama2

Mata KuliahSKS
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan3
Penelitian Bahasa dan sastra Indonesia2
Penelitian Pendidikan *3
Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia3
Penelitian Sastra *2
Pengajaran Mikro *4
Pengantar Linguistik *2
Pengantar Pendidikan2
Pengantar Statistika *2
Pengantar Jurnalistrik *2
Pengelolaan Pendidikan *2
Pengembangan Bahan Ajar *2
Pengembangan Materi Ajar *3
Pengembangan Peserta Didik2
Penulisan Naskah 1 *3
Penulisan Naskah 2 *3
Penulisan Naskah 3 *3
Penulisan Naskah 4 *3
Penyuntingan 1 *3
Penyuntingan 2 *3
Penyuntingan 3 *3
Penyuntingan 4 *3
Penyusunan Buku Ajar *3
Perencanaan Pembelajaran *2
Perencanaan Pengajaran Bahasa Indonesia3
Perkembangan Peserta Didik *2
PKL Jurnalistik *4
Pragmatik *2
Praktek Pengajaran / Microteaching3
Presenter 1 *3
Presenter 2 *3
Presenter 3 *3
Presenter 4 *3
Problematika Pengajaran *2
Profesi Keguruan3
Program Pengalaman Lapangan4
Psikolinguistik *2
Psikologi Sastra *2
Sanggar Bahasa *2
Sanggar Sastra *2
Sastra Perbandingan *2
Sejarah Sastra2
Semantik Bahasa Indonesia3
Seminar Usulan Proposal Penelitian2
Seni Peran 1 *3
Seni Peran 2 *3
Seni Peran 3 *3
Seni Peran 4 *3
Sintaksis Bahasa Indonesia4
Skripsi6
Sosiolinguistik2
Sosiologi Komunikasi *2
Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia4
Telaah Kurikulum dan Pembelajaran Bahasa3
Teori Belajar Bahasa *2
Teori dan Estetika sastra2
Teori Sastra *2
Wacana *2
Al Islam dan Kemuhammadiyahan I1
Al Islam dan Kemuhammadiyahan II1
Al Islam dan Kemuhammadiyahan III1
Al Islam dan Kemuhammadiyahan IV1

No comments

Powered by Blogger.