S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD)

Jika anda yang sedang mencari informasi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD), maka Program Studi D3,S1 dan S2 akan menyampaikan tentang S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD) seperti dibawah ini:


KLIK DISINI UNTUK BERTANYA DI WHATSAPP


S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD)

Nama Program Studi : Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD) (S-1)
Rumpun Ilmu : Ilmu Pendidikan
Konsentrasi/Kekhususan/Peminatan : ¤ Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD)
Gelar/Sebutan Lulusan : Sarjana Pendidikan
Singkatan Gelar sesuai EYD : S.Pd.
Singkatan Gelar yang populer (digunakan masyarakat/umum) : SPd.



Beban Studi dan Masa Studi :
Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke
S1 PAUD (Pendidikan Guru Anak Usia Dini)
Beban Studi = 144 - 152 sks Masa Studi =
8 semester
Lulusan D3, Politeknik, sederajat melanjutkan ke
S1 PAUD (Pendidikan Guru Anak Usia Dini)
Beban Studi = 40 - 46 sks
(bila tidak sebidang ilmu ditambah 2 - 21 sks, tergantung program studinya)
Masa Studi =
3 semester
Lulusan D2, S1, D1, pindahan melanjutkan ke
S1 PAUD (Pendidikan Guru Anak Usia Dini)
Beban Studi = dihitung dari sisa sks Masa Studi =
Dihitung sisa sks

Kurikulum/Mata Kuliah : Lihat di bawah ini
Prospektus (Tujuan, Kompetensi, Prospek Kerja/Karir Lulusan) : Lihat di bawah ini

Gelar/sebutan tersebut di atas adalah gelar yang sering digunakan (belum tentu digunakan PTS terkait).

Mengenai gelar (untuk S1, S2, S3) atau sebutan (untuk diploma) yang digunakan oleh perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah tidak baku (tidak standard) lagi, walaupun pemerintah telah membuat peraturannya, namun sebagian besar perguruan tinggi hanya mematuhi sebagian dari peraturan tersebut. Hal ini tidak dapat disalahkan, karena perkembangan rumpun ilmu yang sangat pesat dan memunculkan cabang-cabang ilmu baru yang merupakan integrasi dari beberapa rumpun ilmu, sehingga menyulitkan perguruan tinggi untuk mengelompokkan cabang tersebut terhadap rumpun ilmu yang dibuat pemerintah.

Demikian pula dengan cara membuat singkatan gelar/sebutan tersebut, masyarakat cenderung membuat singkatan sendiri yang justru lebih populer dibandingkan aturan EYD Bahasa Indonesia.

Di bawah ini diberikan kurikulum/mata kuliah dan prospektus (kompetensi alumnus, prospek kerja/karir lulusan, dsb). Untuk mata kuliah program studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD) (S-1) yang disampaikan disini adalah irisan (dan sebagian gabungan) dari kurikulum beberapa perguruan tinggi, sehingga dimungkinkan beberapa mata kuliah pilihan tidak ada di perguruan terkait, atau nama mata kuliahnya sedikit berbeda.


Prospektus S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD)
Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD)
Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD) dibekali dengan pengetahuan, etika profesi, kepekaan, keterampilan dan kemampuan sebagai ahli Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang memenuhi standard kompetensi utama, kompetensi khusus, dan kompetensi umum seperti berikut ini.

A. KOMPETENSI UTAMA

1. Memiliki falsafah dasar tentang ilmu pendidikan
  • Memahami konsep dasar pendidikan dari berbagai ahli.
  • Memahami konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
  • Memahami sejarah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
  • Memahami prinsip dan tujuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

2. Memiliki pemahaman tentang perkembangan Anak Usia Dini (AUD)
  • Memahami karakteristik, prinsip, aspek, tahap, hukum dan tugas perkembangan AUD.
  • Memahami berbagai jenis permasalahan dan teknik penanganan masalah AUD.
  • Memahami berbagai jenis ketidakmampuan belajar (learning disability) dan keberbakatan pada AUD.
  • Melakukan asesmen terhadap berbagai permasalahan AUD.
  • Memahami kesehatan dan gizi untuk AUD.
  • Memahami proses pra-konsepsi hingga strategi perawatan anak untuk pengembangan potensi anak secara optimal.
  • Memahami pendidikan AUD dalam keluarga.

3. Memiliki pemahaman tentang pendidikan dan pembelajaran Anak Usia Dini (AUD)
  • Memahami berbagai teori belajar dan strategi pembelajaran AUD.
  • Mampu mengembangkan media yang kreatif dalam pembelajaran
  • Melakukan analisis kebutuhan AUD untuk mengembangkan kurikulum berdiferensiasi pada AUD.

4. Memiliki Pengetahuan tentang Keilmuan Anak Usia Dini (AUD)
  • Memiliki pemahaman mengenai hukum dan perlindungan anak.
  • Memiliki pemahaman implikasi neuroscience terhadap pembelajaran AUD.
  • Memiliki pemahaman tentang sosio-antropologis terhadap pembelajaran AUD.
  • Memahami konsep bermain bagi AUD

5. Menguasai bahan ajar untuk Anak Usia Dini (AUD)
  • Menguasai konsep dan pengembangan matematika untuk AUD.
  • Menguasai konsep dan pengembangan sains dan teknologi AUD.
  • Menguasai konsep dan pengembangan ilmu sosial untuk AUD.
  • Menguasai konsep dan pengembangan bahasa untuk AUD.
  • Menguasai konsep dan pengembangan seni untuk AUD.
  • Menguasai konsep dan pengembangan motorik untuk AUD (motorik halus dan motorik kasar).
  • Menguasai konsep dan pengembangan perilaku AUD.

6. Mampu mengelola kegiatan pembelajaran Anak Usia Dini (AUD)
  • Menguasai kurikulum AUD.
  • Merancang dan menggunakan berbagai media AUD.
  • Menyusun perencanaan pembelajaran AUD.
  • Mendesain dan mengembangkan berbagai bentuk instrumen evaluasi perkembangan AUD.
  • Menguasai pengelolaan kegiatan pembelajaran AUD.

7. Menguasai Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  • Mampu memahami konsep Leadership.
  • Mampu mengidentifikasi kebutuhan HRD pada Lembaga PAUD.
  • Mampu mengorganisir kebutuhan Equipment pada Lembaga PAUD.
  • Mampu membuat perencanaan keuangan pada Lembaga PAUD.
  • Mampu melakukan Supervisi dan monitoring pada Lembaga PAUD.
  • Mampu melakukan Evaluasi Program Lembaga PAUD.
  • Memahami konsep Kewirausahaan.
  • Memahami konsep pemasaran sederhana.

8. Mampu melakukan penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  • Mampu memahami berbagai model penelitian secara sederhana.
  • Mampu melakukan penelitian kaji tindak.

9. Kemampuan Pendukung
  • Mampu bekerjasama dengan komunitas AUD
  • Memahami latar belakang keluarga dan budaya masyarakat
  • Mengembangkan kerjasama dengan orang tua, masyarakat dan penyelenggara program pendidikan dini lainnya.
  • Berperan serta dalam kehidupan masyarakat lokal, nasional dan internasional.
  • Memiliki wawasan sosio-kultural.
  • Berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi.


B. KOMPETENSI KHUSUS

Lulusan Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini dibekali dengan pengetahuan, etika, kepekaan, ketrampilan dan kemampuan sebagai :

1. Pendidik Profesional di bidang Pendidikan Anak Usia Dini
  • Menguasai dasar-dasar ilmiah dan disiplin ilmu dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini sehingga mampu mengidentifikasi, memahami, menjelaskan, mengevaluasi/menganalisis secara kritis dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini
  • Memiliki kemampuan mengembangkan teori–teori belajar mengajar, mengevaluasi hasil belajar, dan merencanakan Pendidikan Anak Usia Dini.
  • Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik, benar, dan santun dalam ragam lisan dan tulisan sebagai Pendidik Profesional, serta kehidupan sehari-hari.
  • Memiliki kemampuan mengelola dan mengembangkan kehidupan masyarakat profesi.
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola dan mengembangkan kemampuan peserta didiknya.

2. Peneliti di bidang Pendidikan Anak Usia Dini
  • Memiliki kemampuan mengembangkan perilaku kependidikan berkenaan dengan kehidupan dan kegiatan kependidikan berlandaskan dasar keilmuan kependidikan, terutama etika profesional, riset bidang kependidikan, dan organisasi kependidikan.
  • Memiliki kemampuan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Pendidikan Anak Usia Dini.
  • Memiliki kemampuan meningkatkan pemahaman teks berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris, untuk keperluan akademis dan profesi guru Anak Usia Dini (AUD) atau peneliti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tertulis dalam Bahasa Inggris khususnya pada bidang Pendidikan Anak Usia Dini
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk penelitian di bidang Pendidikan Anak Usia Dini.

3. Enterpreneur dan Penyelenggara pada Lembaga Pendidikan, Bimbingan Belajar dan Lembaga Pelatihan.
  • Memiliki kemampuan mendirikan, mengelola, dan mengembangkan usaha di bidang Pelatihan Guru Anak Usia Dini secara kreatif dan sesuai perkembangan dunia pendidikan.
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola dan mengembangkan usaha jasanya.

4. Konsultan dalam Pengelolaan Data Penelitian
  • Memiliki kemampuan berpikir kritis dan logis, serta memahami metode kualitatif dan kuantitatif yang dibutuhkan untuk mengelola data penelitian.
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola data penelitian.


C. KOMPETENSI UMUM

Kompetensi umum Sarjana Pendidikan Anak Usia Dini adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang Pendidikan Anak Usia Dini, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang Pendidikan Anak Usia Dini, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD)
Sarjana Pendidikan Anak Usia Dini dapat bekerja dan berkarir di lembaga penelitian, lembaga pendidikan (sekolah, perguruan tinggi (PTN dan PTS)), serta di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai Pendidik Profesional di bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Peneliti Pendidikan Anak Usia Dini, Pemimpin/Manajer Pendidikan Anak Usia Dini, Konsultan Pendidikan Anak Usia Dini, dsb.

Menjadi Entreprenuer (wirausahawan) yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi, dengan mendirikan usaha jasa di bidang pendidikan seperti Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Bimbingan Belajar Anak Usia Dini, Taman Bermain Anak Usia Dini, Lembaga Pelatihan Guru Anak Usia Dini; atau mendirikan usaha jasa konsultan di bidang Pendidikan Anak Usia Dini.

Mata Kuliah S1 Pendidikan Guru PAUD
* = Mata Kuliah Pilihan Khusus / Pilihan Umum

Mata KuliahSKS
Analisis Kebijakan PAUD *2
Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini4
Aplikasi Komputer dan Teknologi Informasi2
Bahasa Indonesia4
Bahasa Inggris2
Bahasa Inggris II *2
Bahasa Inggris III *2
Bahasa Inggris IV *2
Belajar dan Pembelajaran4
Bermain dan Belajar Anak Usia Dini *2
Bermain dan Teknik Permainan Anak2
Bimbingan Anak Usia Dini *2
Bimbingan dan Konseling2
Dasar-Dasar Musik *2
Deteksi Dini Keberbakatan Anak dan Pengembangannya *2
Diagnosis Anak Bermasalah di Usia Dini2
Evaluasi Pembelajaran PAUD3
Gizi dan Kesehatan Anak Usia Dini *2
Ilmu Alamiah Dasar2
Ilmu Pendidikan *2
Inovasi Pendidikan *2
Kajian dan Pengamatan PAUD *2
Kesehatan dan Gizi Anak2
Kesehatan Sekolah di Prasekolah *2
Keterampilan Prakarya di Prasekolah *2
Komunikasi dan Teknologi Informasi *2
Konsep Dasar PAUD2
Kuliah Kerja Nyata4
Life Skill *2
Manajemen Penyelenggaraan PAUD2
Media dan Sumber Belajar PAUD *2
Menggambar/Melukis Dasar *2
Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris Usia Dini *2
Metodologi Penelitian Pendidikan *2
Metodologi Pengembangan Agama dan Afektif3
Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini3
Metodologi Pengembangan Intelektual *3
Metodologi Pengembangan Kecakapan hidup *2
Metodologi Pengembangan Kognitif *2
Metodologi Pengembangan Moral, Agama dan Disiplin3
Metodologi Pengembangan Motorik Halus3
Metodologi Pengembangan Motorik Kasar3
Metodologi Pengembangan Musik dan Tari *3
Metodologi Pengembangan Sosial emosi *2
Metodologi Pengenalan Ilmu Sosial pada Anak Usia Dini *2
Metodologi Pengenalan Matematika pada Anak Usia Dini *2
Metodologi Pengenalan Sains pada Anak Usia Dini *2
Micro Teaching *3
Micro Teaching in English *2
Model Pembelajaran AUD *2
Modifikasi Perilaku (Tingkah Laku) Anak2
Musik dan Tari *4

Mata KuliahSKS
Olah Raga Anak Usia Dini2
PAUD Non Formal *2
Pembelajaran Menggambar/Melukis di Prasekolah *2
Pembelajaran Musik pada Anak Usia Dini *2
Pembelajaran Tematik di PAUD *2
Pemberdayaan Masyarakat *2
Pembinaan Anak Kesulitan Belajar3
Pembuatan Alat Permainan dan Penerapannya *2
Pendidikan Agama3
Pendidikan Anak dalam Keluarga *2
Pendidikan Bahasa Indonesia2
Pendidikan Inklusi *2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan3
Pendidikan seni Musik *2
Pendidikan Seni Rupa *2
Pendidikan Seni Tari *2
Pengantar Kependidikan2
Pengasuhan Anak *2
Pengembangan Kemampuan Motorik Anak Usia Dini *2
Pengembangan Kreativitas dan Keterbakatan3
Pengembangan Moral dan Disiplin Anak Usia Dini *2
Pengembangan Pembelajaran Bahasa di Usia Dini *2
Pengembangan Pembelajaran Logika PAUD3
Pengembangan Pembelajaran Matematika di Usia Dini *2
Pengembangan Pembelajaran Pengetahuan Sosial PAUD3
Pengembangan Pembelajaran Sains PAUD3
Pengembangan Program Kegiatan Anak Usia Dini *2
Pengembangan Program Kegiatan Kelompok Bermain *2
Pengembangan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini *2
Pengubahan Perilaku *2
Perencanaan Pengajaran PAUD3
Perkembangan Anak I3
Perkembangan Anak Ii3
Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini *2
Pola Asuh Anak Usia Dini3
Praktek Bermain dan Permainan Anak Tradisional *2
Praktek Pengalaman Lapangan Terpadu I3
Praktek Pengalaman Lapangan Terpadu II3
Profesi Kependidikan3
Program Kegiatan PAUD Terintegrasi2
Program Kegiatan Pendidikan TK, KB dan TPA3
Program Pelatihan Baby Sitter3
Psikologi Kepribadian *2
Psikologi Perkembangan Anak *2
Seminar PAUD2
Seni Keterampilan Anak Usia Dini3
Skripsi6
Statistik Pendidikan2
Strategi Belajar Mengajar *3
Strategi Pembelajaran dan Pengelolaan PAUD3
Strategi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini *2
Telaah Kurikulum dan Bahan Pembelajaran Anak Usia Dini *2

No comments

Powered by Blogger.