S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD)
KLIK DISINI UNTUK BERTANYA DI WHATSAPP
S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD)
Nama Program Studi | : | Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD) (S-1) | |||||||||
Rumpun Ilmu | : | Ilmu Pendidikan | |||||||||
Konsentrasi/Kekhususan/Peminatan | : | ¤ Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD) | |||||||||
Gelar/Sebutan Lulusan | : | Sarjana Pendidikan | |||||||||
Singkatan Gelar sesuai EYD | : | S.Pd. | |||||||||
Singkatan Gelar yang populer (digunakan masyarakat/umum) | : | SPd. | |||||||||
Beban Studi dan Masa Studi | : | ||||||||||
|
|||||||||||
Kurikulum/Mata Kuliah | : | Lihat di bawah ini | |||||||||
Prospektus (Tujuan, Kompetensi, Prospek Kerja/Karir Lulusan) | : | Lihat di bawah ini |
Gelar/sebutan tersebut di atas adalah gelar yang sering digunakan (belum tentu digunakan PTS terkait).
Mengenai gelar (untuk S1, S2, S3) atau sebutan (untuk diploma) yang digunakan oleh perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah tidak baku (tidak standard) lagi, walaupun pemerintah telah membuat peraturannya, namun sebagian besar perguruan tinggi hanya mematuhi sebagian dari peraturan tersebut. Hal ini tidak dapat disalahkan, karena perkembangan rumpun ilmu yang sangat pesat dan memunculkan cabang-cabang ilmu baru yang merupakan integrasi dari beberapa rumpun ilmu, sehingga menyulitkan perguruan tinggi untuk mengelompokkan cabang tersebut terhadap rumpun ilmu yang dibuat pemerintah.
Demikian pula dengan cara membuat singkatan gelar/sebutan tersebut, masyarakat cenderung membuat singkatan sendiri yang justru lebih populer dibandingkan aturan EYD Bahasa Indonesia.
Di bawah ini diberikan kurikulum/mata kuliah dan prospektus (kompetensi alumnus, prospek kerja/karir lulusan, dsb). Untuk mata kuliah program studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD) (S-1) yang disampaikan disini adalah irisan (dan sebagian gabungan) dari kurikulum beberapa perguruan tinggi, sehingga dimungkinkan beberapa mata kuliah pilihan tidak ada di perguruan terkait, atau nama mata kuliahnya sedikit berbeda.
Prospektus S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD) |
Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD)
Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD) dibekali
dengan pengetahuan, etika profesi, kepekaan, keterampilan dan kemampuan
sebagai ahli Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang memenuhi standard
kompetensi utama, kompetensi khusus, dan kompetensi umum seperti berikut
ini.
A. KOMPETENSI UTAMA
1. Memiliki falsafah dasar tentang ilmu pendidikan
- Memahami konsep dasar pendidikan dari berbagai ahli.
- Memahami konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
- Memahami sejarah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
- Memahami prinsip dan tujuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
2. Memiliki pemahaman tentang perkembangan Anak Usia Dini (AUD)
- Memahami karakteristik, prinsip, aspek, tahap, hukum dan tugas perkembangan AUD.
- Memahami berbagai jenis permasalahan dan teknik penanganan masalah AUD.
- Memahami berbagai jenis ketidakmampuan belajar (learning disability) dan keberbakatan pada AUD.
- Melakukan asesmen terhadap berbagai permasalahan AUD.
- Memahami kesehatan dan gizi untuk AUD.
- Memahami proses pra-konsepsi hingga strategi perawatan anak untuk pengembangan potensi anak secara optimal.
- Memahami pendidikan AUD dalam keluarga.
3. Memiliki pemahaman tentang pendidikan dan pembelajaran Anak Usia Dini (AUD)
- Memahami berbagai teori belajar dan strategi pembelajaran AUD.
- Mampu mengembangkan media yang kreatif dalam pembelajaran
- Melakukan analisis kebutuhan AUD untuk mengembangkan kurikulum berdiferensiasi pada AUD.
4. Memiliki Pengetahuan tentang Keilmuan Anak Usia Dini (AUD)
- Memiliki pemahaman mengenai hukum dan perlindungan anak.
- Memiliki pemahaman implikasi neuroscience terhadap pembelajaran AUD.
- Memiliki pemahaman tentang sosio-antropologis terhadap pembelajaran AUD.
- Memahami konsep bermain bagi AUD
5. Menguasai bahan ajar untuk Anak Usia Dini (AUD)
- Menguasai konsep dan pengembangan matematika untuk AUD.
- Menguasai konsep dan pengembangan sains dan teknologi AUD.
- Menguasai konsep dan pengembangan ilmu sosial untuk AUD.
- Menguasai konsep dan pengembangan bahasa untuk AUD.
- Menguasai konsep dan pengembangan seni untuk AUD.
- Menguasai konsep dan pengembangan motorik untuk AUD (motorik halus dan motorik kasar).
- Menguasai konsep dan pengembangan perilaku AUD.
6. Mampu mengelola kegiatan pembelajaran Anak Usia Dini (AUD)
- Menguasai kurikulum AUD.
- Merancang dan menggunakan berbagai media AUD.
- Menyusun perencanaan pembelajaran AUD.
- Mendesain dan mengembangkan berbagai bentuk instrumen evaluasi perkembangan AUD.
- Menguasai pengelolaan kegiatan pembelajaran AUD.
7. Menguasai Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
- Mampu memahami konsep Leadership.
- Mampu mengidentifikasi kebutuhan HRD pada Lembaga PAUD.
- Mampu mengorganisir kebutuhan Equipment pada Lembaga PAUD.
- Mampu membuat perencanaan keuangan pada Lembaga PAUD.
- Mampu melakukan Supervisi dan monitoring pada Lembaga PAUD.
- Mampu melakukan Evaluasi Program Lembaga PAUD.
- Memahami konsep Kewirausahaan.
- Memahami konsep pemasaran sederhana.
8. Mampu melakukan penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
- Mampu memahami berbagai model penelitian secara sederhana.
- Mampu melakukan penelitian kaji tindak.
9. Kemampuan Pendukung
- Mampu bekerjasama dengan komunitas AUD
- Memahami latar belakang keluarga dan budaya masyarakat
- Mengembangkan kerjasama dengan orang tua, masyarakat dan penyelenggara program pendidikan dini lainnya.
- Berperan serta dalam kehidupan masyarakat lokal, nasional dan internasional.
- Memiliki wawasan sosio-kultural.
- Berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi.
B. KOMPETENSI KHUSUS
Lulusan Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini dibekali dengan pengetahuan, etika, kepekaan, ketrampilan dan kemampuan sebagai :
1. Pendidik Profesional di bidang Pendidikan Anak Usia Dini
- Menguasai dasar-dasar ilmiah dan disiplin ilmu dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini sehingga mampu mengidentifikasi, memahami, menjelaskan, mengevaluasi/menganalisis secara kritis dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini
- Memiliki kemampuan mengembangkan teori–teori belajar mengajar, mengevaluasi hasil belajar, dan merencanakan Pendidikan Anak Usia Dini.
- Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik, benar, dan santun dalam ragam lisan dan tulisan sebagai Pendidik Profesional, serta kehidupan sehari-hari.
- Memiliki kemampuan mengelola dan mengembangkan kehidupan masyarakat profesi.
- Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola dan mengembangkan kemampuan peserta didiknya.
2. Peneliti di bidang Pendidikan Anak Usia Dini
- Memiliki kemampuan mengembangkan perilaku kependidikan berkenaan dengan kehidupan dan kegiatan kependidikan berlandaskan dasar keilmuan kependidikan, terutama etika profesional, riset bidang kependidikan, dan organisasi kependidikan.
- Memiliki kemampuan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Pendidikan Anak Usia Dini.
- Memiliki kemampuan meningkatkan pemahaman teks berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris, untuk keperluan akademis dan profesi guru Anak Usia Dini (AUD) atau peneliti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
- Memiliki kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tertulis dalam Bahasa Inggris khususnya pada bidang Pendidikan Anak Usia Dini
- Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk penelitian di bidang Pendidikan Anak Usia Dini.
3. Enterpreneur dan Penyelenggara pada Lembaga Pendidikan, Bimbingan Belajar dan Lembaga Pelatihan.
- Memiliki kemampuan mendirikan, mengelola, dan mengembangkan usaha di bidang Pelatihan Guru Anak Usia Dini secara kreatif dan sesuai perkembangan dunia pendidikan.
- Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola dan mengembangkan usaha jasanya.
4. Konsultan dalam Pengelolaan Data Penelitian
- Memiliki kemampuan berpikir kritis dan logis, serta memahami metode kualitatif dan kuantitatif yang dibutuhkan untuk mengelola data penelitian.
- Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola data penelitian.
C. KOMPETENSI UMUM
Kompetensi umum Sarjana Pendidikan Anak Usia Dini adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang Pendidikan Anak Usia Dini, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang Pendidikan Anak Usia Dini, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD)
Sarjana Pendidikan Anak Usia Dini dapat bekerja dan berkarir di lembaga
penelitian, lembaga pendidikan (sekolah, perguruan tinggi (PTN dan
PTS)), serta di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional
ataupun multinasional) sebagai Pendidik Profesional di bidang Pendidikan
Anak Usia Dini, Peneliti Pendidikan Anak Usia Dini, Pemimpin/Manajer
Pendidikan Anak Usia Dini, Konsultan Pendidikan Anak Usia Dini, dsb.
Menjadi Entreprenuer (wirausahawan) yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi, dengan mendirikan usaha jasa di bidang pendidikan seperti Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Bimbingan Belajar Anak Usia Dini, Taman Bermain Anak Usia Dini, Lembaga Pelatihan Guru Anak Usia Dini; atau mendirikan usaha jasa konsultan di bidang Pendidikan Anak Usia Dini.
Mata Kuliah S1 Pendidikan Guru PAUD |
|
|
No comments