S1 Teknik Komputer

Jika anda yang sedang mencari informasi S1 Teknik Komputer, maka Program Studi D3,S1 dan S2 akan menyampaikan tentang S1 Teknik Komputer seperti dibawah ini:


KLIK DISINI UNTUK BERTANYA DI WHATSAPP


S1 Teknik Komputer

Nama Program Studi : Teknik Komputer (Sistem Komputer) (S-1)
Rumpun Ilmu : Ilmu Teknik atau Ilmu Komputer atau Sains
Konsentrasi/Kekhususan/Peminatan : ¤ Teknik Komputer
¤ Application Programmer
¤ Database Administrator
¤ Komputer Grafik
¤ Network Administrator
¤ Rekayasa Perangkat Lunak
¤ Sistem Jaringan Komputer
¤ Sistem Komputer
¤ Sistem Multimedia
¤ System Analysis
¤ System Designer
¤ Web Programmer
Gelar/Sebutan Lulusan : Sarjana Teknik atau Sarjana Komputer atau Sarjana Sains atau Insinyur
Singkatan Gelar sesuai EYD : S.T. atau S.Kom. atau S.Si. atau Ir.
Singkatan Gelar yang populer (digunakan masyarakat/umum) : ST. atau SKom. atau SSi. atau Ir.



Beban Studi dan Masa Studi :  
Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke
S1 Teknik Komputer / Sistem Komputer
Beban Studi = 144 - 152 sks Masa Studi =
8 semester
Lulusan D3, Politeknik, sederajat melanjutkan ke
S1 Teknik Komputer / Sistem Komputer
Beban Studi = 40 - 46 sks
(bila tidak sebidang ilmu ditambah 2 - 21 sks, tergantung program studinya)
Masa Studi =
3 semester
Lulusan D2, S1, D1, pindahan melanjutkan ke
S1 Teknik Komputer / Sistem Komputer
Beban Studi = dihitung dari sisa sks Masa Studi =
Dihitung sisa sks

Kurikulum/Mata Kuliah : Lihat di bawah ini
Prospektus (Tujuan, Kompetensi, Prospek Kerja/Karir Lulusan) : Lihat di bawah ini

Gelar/sebutan tersebut di atas adalah gelar yang sering digunakan (belum tentu digunakan PTS terkait).

Mengenai gelar (untuk S1, S2, S3) atau sebutan (untuk diploma) yang digunakan oleh perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah tidak baku (tidak standard) lagi, walaupun pemerintah telah membuat peraturannya, namun sebagian besar perguruan tinggi hanya mematuhi sebagian dari peraturan tersebut. Hal ini tidak dapat disalahkan, karena perkembangan rumpun ilmu yang sangat pesat dan memunculkan cabang-cabang ilmu baru yang merupakan integrasi dari beberapa rumpun ilmu, sehingga menyulitkan perguruan tinggi untuk mengelompokkan cabang tersebut terhadap rumpun ilmu yang dibuat pemerintah.

Demikian pula dengan cara membuat singkatan gelar/sebutan tersebut, masyarakat cenderung membuat singkatan sendiri yang justru lebih populer dibandingkan aturan EYD Bahasa Indonesia.

Di bawah ini diberikan kurikulum/mata kuliah dan prospektus (kompetensi alumnus, prospek kerja/karir lulusan, dsb). Untuk mata kuliah program studi Teknik Komputer (Sistem Komputer) (S-1) yang disampaikan disini adalah irisan (dan sebagian gabungan) dari kurikulum beberapa perguruan tinggi, sehingga dimungkinkan beberapa mata kuliah pilihan tidak ada di perguruan terkait, atau nama mata kuliahnya sedikit berbeda.


Prospektus S1 Teknik Komputer
Teknik komputer (disebut juga teknik sistem komputer, Bahasa Inggris: computer engineering) adalah disiplin ilmu khusus yang mengkombinasikan ilmu hardware dan sotware komputer, yaitu disiplin ilmu yang mengkombinasikan ilmu teknik elektronika, sistem telekomunikasi, ilmu komputer, teknik informatika, manajemen informatika, dan sistem informasi.
Kompetensi Lulusan S1 Teknik Komputer
Lulusan Program Studi Teknik Komputer dibekali dengan pengetahuan, etika, ketrampilan dan kemampuan hardware dan sotware komputer, yaitu kemampuan pada sistem sirkuit digital, sistem komunikasi data pada frekuensi radio, dan elektronika sebagai bagian dari komputer secara menyeluruh, serta kemampuan sotware yang memiliki fokus pada interaksi antara perangkat lunak dan program serta komponen perangkat keras pendukungnya; dan secara terpadu memiliki pengetahuan elektronika dan sistem digital, mikroprosesor dan bahasa assembler, organisasi atau arsitektur komputer, jaringan komputer dan Internet, komputer paralel, dsb.

Sarjana Teknik Komputer juga dibekali dengan pengetahuan, etika, kemampuan dan ketrampilan untuk membuat program sesuai dengan proses bisnis, merancang dan membangun sistem basis data, melakukan pemrograman berbasis Web, berbasis bahasa pemrograman terkini dan tercanggih, rekayasa perangkat lunak, sistem multimedia, merancang dan membangun sistem berbasis objek; mengidentifikasikan kebutuhan jaringan pada suatu organisasi, merancang dan membangun sistem informasi korporasi (enterprise information system), mengelola proyek teknologi informasi dan komunikasi, melakukan audit sistem informasi, e-business, menjadi trouble shooter komputer, dsb.

Juga memiliki kompetensi dan keahlian sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Teknik Jaringan, Sistem Multimedia, Sistem Informasi Manajemen (SIM), Analisis Sistem (System Analysis), Jaringan Komputer (Computer Networking), Software Engineer, Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence), Permainan & Program Sistem Tertanam (Game & Embedded System Program), Sistem Database (Data Base System), dsb.

Kompetensi umum/dasar Sarjana Teknik Komputer adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang teknik komputer; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang teknik komputer, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang teknik komputer, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.

Lulusan Teknik Komputer juga memiliki kompetensi dan keahlian yang mampu memberikan solusi terintegrasi di bidang E-Business, Corporate Information System, Information Management, Komputerisasi Akuntansi; juga mampu menjadi wirausahawan handal berbasis teknologi informasi; menjadi manusia berkualitas yang memiliki intelektualitas tinggi, kreatif, inovatif serta peka terhadap fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakat; dapat memberikan solusi terhadap permasalahan sistem informasi yang ada di masyarakat, dsb.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Teknik Komputer
Sarjana Teknik Komputer dapat bekerja dan berkarir di bidang sistem informasi korporasi, database, networking, software, multimedia, e-business di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) seperti BUMN, IT/IS consultant, perusahaan telekomunikasi, industri manufaktur, perbankan, asuransi dan lembaga keuangan lainnya, lembaga penelitian, perusahaan jasa (transportasi, pariwisata, hotel dan lain lain), perusahaan networking, internet service provider, perguruan tinggi, dsb.

Juga dapat berkarir/berprofesi di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Specialist in IT Security, Mobile Application Programmer dan Design, Information and Communication Technology (ICT) Consultant, Web Developer, Artificial Intelegence Applicator, ICT Project Manager, ICT Researcher, Manajer Departemen Teknologi Informasi, Manajer Proyek Pengembangan Teknologi Informasi, Tenaga Ahli / Pengajar / Dosen / Peneliti, dsb.

Menjadi technopreneur dengan mendirikan jasa konsultan di bidang teknik komputer, information and communication technology system, business & system analysis, programmer, software engineer, game developer, dsb.

Mata Kuliah S1 Teknik Komputer (Sistem Komputer)
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan

Mata KuliahSKS
Accessing WAN *3
Administrasi Jaringan *3
Algoritma dan Pemrograman3
Algoritma dan Pemrograman Lanjut *3
Aljabar Linier dan Matriks2
Analisis dan Desain Algoritma *2
Analisis dan Perancangan Sistem *3
Analisis Kinerja Sistem *3
Arsitektur Komputer3
Bahasa Indonesia2
Bahasa Inggris I2
Bahasa Inggris II *2
Bahasa Inggris III *2
Bahasa Inggris IV *2
Bahasa Pemrograman2
Bahasa Pemrograman Lanjut *2
Bahasa Rakitan *3
Basis Data *2
Desain dan Unjuk Kerja Jaringan *2
Elektronika Dasar3
Elektronika Lanjut *3
Etika Profesi2
Fisika Dasar3
Grafika Komputer *2
Interaksi Manusia Komputer2
Interface / Peripheral Komputer *3
Internet3
Jaringan Komputer2
Jaringan Komputer Lanjut *3
Jaringan Syaraf *2
Kalkulus I3
Kalkulus II3
Keamanan Jaringan *3
Keamanan Komputer *3
Kecakapan Antar Personal *2
Kecerdasan Buatan *2
Kerja Praktek2
Kewirausahaan2
Klien - Server *2
Komputer dan Masyarakat *2
Komputer Grafik *3
Komputer Industri dan Multimedia *2
Komunikasi dan Pengembangan Diri *2
Komunikasi Data *3
Komunikasi Nirkabel *3
Konsep dan Protokol Routing *3
Kriptografi *2
LAN Switching and Wireless *3
Logika Matematika3
Manajemen Proyek *3
Matematika Diskrit *3
Matriks dan Transformasi Linear *2
Menggambar Teknik3
Metode Numerik3
Metodologi Penelitian2
Microcontroller Dasar4
Microcontroller Lanjut *3
Mikroelektronika *2
Mikroprosessor2
Optimisasi *3
Organisasi Komputer *2
Pemrograman Berorientasi Objek2
Pemrograman C++ *3
Pemrograman PASCAL *3
Pemrograman Terstruktur *3
Pemrograman Visual *3
Pemrograman Web *3

Mata KuliahSKS
Pendidikan Agama2
Pendidikan Kewarganegaraan2
Pendidikan Pancasila3
Pengajaran Berbantuan Komputer *2
Pengantar Robotika *3
Pengantar Teknologi Informasi2
Pengelolaam Instalasi Komputer *3
Penginderaan Elektronika *3
Pengolahan Citra *2
Peralatan Elektronika *3
Praktek Kerja lapangan2
Praktikum Algoritma dan Pemrograman1
Praktikum Analisis dan Perancangan sistem1
Praktikum Bahasa Pemrograman1
Praktikum Bahasa Pemrograman Lanjut *1
Praktikum Elektronika1
Praktikum Fisika Dasar1
Praktikum Grafika Komputer1
Praktikum Jaringan Komputer1
Praktikum Kecerdasan Buatan1
Praktikum Microcontroller1
Praktikum Mikroprosessor1
Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek1
Praktikum Pemrograman Terstruktur1
Praktikum Pengajaran Berbantuan Komputer *1
Praktikum Pengolahan Citra *1
Praktikum Programmable Logic Controller1
Praktikum Rangkaian Linier Aktif1
Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak1
Praktikum Sistem Digital1
Praktikum Sistem Informasi Geografis *1
Praktikum Sistem Pangkalan Data (Database)1
Praktikum Sistem Pengaturan1
Praktikum Teknik Kompilasi1
Programmable Logic Controller (PLC)3
Programmable Logic Controller Lanjut *2
Rangkaian Digital3
Rangkaian Linier Aktif *2
Rangkaian Listrik3
Rekayasa Perangkat Lunak3
Rekayasa Trafik *3
Robotika *2
Sinyal dan Sistem *3
Sistem Berkas *2
Sistem Cerdas *3
Sistem Digital2
Sistem Informasi3
Sistem Informasi Geografis *2
Sistem Multimedia *3
Sistem Operasi3
Sistem Pangkalan Data (Database)3
Sistem Pendukung Keputusan3
Sistem Pengaturan *4
Sistem Pengaturan Adaptif *3
Sistem Terdistribusi2
Statistik dan Probabilitas3
Struktur Data3
Technopreneurship2
Teknik Kompilasi2
Teknik Kontrol *3
Teknik Pemodelan dan Simulasi3
Teknik Penulisan Ilmiah2
Teori Bahasa dan Otomata2
Transducer *2
Troubleshooting *3
Tugas Akhir (Skripsi)5
VLSI (Very Large Scale Integration)3

No comments

Powered by Blogger.