S2 Magister Manajemen (MM)

Jika anda yang sedang mencari informasi S2 Magister Manajemen (MM), maka Program Studi D3,S1 dan S2 akan menyampaikan tentang S2 Magister Manajemen (MM) seperti dibawah ini:


KLIK DISINI UNTUK BERTANYA DI WHATSAPP


S2 Magister Manajemen (MM)

Nama Program Studi : Magister Manajemen (MM, S-2)
Rumpun Ilmu : Ilmu Ekonomi
Konsentrasi/Kekhususan/Peminatan : ¤ Manajemen Akuntansi
¤ Manajemen Bisnis
¤ Manajemen Industri / Operasional
¤ Manajemen Keuangan
¤ Manajemen Operasional
¤ Manajemen Pemasaran
¤ Manajemen Pendidikan
¤ Manajemen Perusahaan
¤ Manajemen Publik/Administrasi Publik
¤ Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)
Gelar/Sebutan Lulusan : Magister Manajemen
Singkatan Gelar sesuai EYD : M.M.
Singkatan Gelar yang populer (digunakan masyarakat/umum) : MM.



Beban Studi dan Masa Studi :  
Lulusan S-1, sederajat melanjutkan ke
S2 Magister Manajemen / MM
Beban Studi = 36 - 45 sks Masa Studi =
4 semester

Kurikulum/Mata Kuliah : Lihat di bawah ini
Prospektus (Tujuan, Kompetensi, Prospek Kerja/Karir Lulusan) : Lihat di bawah ini

Gelar/sebutan tersebut di atas adalah gelar yang sering digunakan (belum tentu digunakan PTS terkait).

Mengenai gelar (untuk S1, S2, S3) atau sebutan (untuk diploma) yang digunakan oleh perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah tidak baku (tidak standard) lagi, walaupun pemerintah telah membuat peraturannya, namun sebagian besar perguruan tinggi hanya mematuhi sebagian dari peraturan tersebut. Hal ini tidak dapat disalahkan, karena perkembangan rumpun ilmu yang sangat pesat dan memunculkan cabang-cabang ilmu baru yang merupakan integrasi dari beberapa rumpun ilmu, sehingga menyulitkan perguruan tinggi untuk mengelompokkan cabang tersebut terhadap rumpun ilmu yang dibuat pemerintah.

Demikian pula dengan cara membuat singkatan gelar/sebutan tersebut, masyarakat cenderung membuat singkatan sendiri yang justru lebih populer dibandingkan aturan EYD Bahasa Indonesia.

Di bawah ini diberikan kurikulum/mata kuliah dan prospektus (kompetensi alumnus, prospek kerja/karir lulusan, dsb). Untuk mata kuliah program studi Magister Manajemen (MM, S-2) yang disampaikan disini adalah irisan (dan sebagian gabungan) dari kurikulum beberapa perguruan tinggi, sehingga dimungkinkan beberapa mata kuliah pilihan tidak ada di perguruan terkait, atau nama mata kuliahnya sedikit berbeda.


Prospektus Magister Manajemen (MM)
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi.

Ilmu manajemen berkembang sejalan dengan era globalisasi, teknologi informasi dan komunikasiyang memberikan pemahaman tentang pendekatan ataupun tata cara penting dalam meneliti, menganalisis dan memecahkan masalah-masalah manajerial.

Program Magister Manajemen (MM) menyiapkan lulusannya untuk menjadi profesional yang berwawasan global, memiliki integritas, visi, determinasi, serta tanggung jawab sosial.

Program Magister Manajemen (MM) menyiapkan lulusannya memasuki lapangan pekerjaan berbasis bisnis maupun non bisnis, nasional dan internasional, sebagai tenaga profesional di bidang keuangan, pemasaran (marketing), SDM (sumber daya manusia), operasional serta sebagai pengusaha (Entreprenuer).
Kompetensi Lulusan Magister Manajemen
Lulusan Program Magister Manajemen memiliki kemampuan penguasaan teori yang kuat dan kemampuan profesional serta cara pandang yang komprehensif; mengembangkan sikap mental profesional yang berorientasi pada pemecahan masalah manajemen berdasarkan alur berpikir-sistem; memiliki kemampuan scenario building dalam pemecahan masalah manajemen; mampu mengembangkan kajian-kajian teoretis konsepsional terkini; memiliki kemampuan mencerna buah pikir manajemen; kemampuan melakukan berbagai penelitian dasar maupun terapan yang unggul dalam bidang manajemen.

Lulusan Program Magister Manajemen dibekali dengan pengetahuan, etika akademik dan profesi, kemampuan dan ketrampilan untuk mengelola berbagai jenis organisasi secara komprehensif dalam bidang keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan operasional, serta mengambil keputusan stratejik.

Selain itu, juga dibekali dengan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengelola perusahaan, mengembangkan sistem informasi manajemen, membuat rencana bisnis, melakukan presentasi dan negosiasi bisnis dengan baik; kemampuan analitis ekonomi, kuantitatif dan manajemen; menyusun dan menganalisis kinerja keuangan perusahaan publik dan non publik; melakukan analisis pasar keuangan(Pasar valas, pasar uang dan pasar modal); menyusun rancangan studi kelayakan bisnis; melakukan perencanaan dan riset pemasaran; analisis Perdagangan Internasional, dsb.

Kompetensi dasar Magister Manajemen adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang manajemen; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang manajemen, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang manajemen, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.

Lulusan Magister Manajemen memiliki kemampuan memimpin organisasi bisnis dengan integritas yang kuat, yaitu kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis, kemampuan berkerjasama dalam tim, kemampuan memahami pengetahuan terhadap etika, kemampuan memahami pengetahuan di bidang manajemen, kemampuan memimpin orang lain.
Profesi dan Karir Lulusan Magister Manajemen
Lulusan Magister Manajemen (MM) dapat bekerja dan berkarir sebagai manajer yang profesional dan ahli di bidang Pemasaran, Keuangan, Sumber Daya Manusia, Produksi dan Operasional pada perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, rumah sakit, hotel, perbankan, pendidikan, dsb.

Sebagai entreprenuer (wirausahawan), akademisi atau berkarir di instansi pemerintah dan swasta sebagai manajer yang profesional dan ahli di bidang pemasaran, keuangan, manajemen sumber daya manusia, produksi dan operasional pada perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, rumah sakit, hotel, perbankan, pendidikan, teknologi informasi, komunikasi, dan sebagainya.

Menjadi Konsultan manajemen/bisnis yang handal, dan Wirausahawan yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi.

Mata Kuliah Magister Manajemen (MM, S2)
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan

Mata KuliahSKS
Akuntansi Internasional *3
Akuntansi Keprilakuan *3
Akuntansi Manajemen Strategik *3
Analisis Biaya Industri *3
Analisis Investasi dan Manajemen Risiko *3
Analisis Laporan Keuangan *3
Bussiness Process Re-Engineering *3
Ekonomi Manajerial3
E-Marketing *3
Etika Bisnis dan CSR3
Kepemimpinan *3
Keselamatan Industri dan Kesehatan dalam Bisnis *3
Keuangan Perusahaan Lanjutan *3
Keuangan Perusahaan Multinasional *3
Kewirausahaan dan Manajemen Inovasi3
Komunikasi Marketing *3
Layanan Marketing dan Perhotelan *3
Lembaga Keuangan dan Instrumen Derivatif *3
Managemen Global Supply Chain *3
Manajemen Biaya *3
Manajemen Hubungan Industrial *3
Manajemen Internasional *3
Manajemen Investasi3
Manajemen Keuangan Internasional *3
Manajemen Keuangan Lanjutan (Perusahaan)3
Manajemen Kinerja *3
Manajemen Kualitas dan Produktivitas3
Manajemen Marketing Lanjutan3
Manajemen Operasional Lanjutan3
Manajemen Resiko *3
Manajemen Strategis Khusus3
Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan3

Mata KuliahSKS
Marketing Internasional *3
Marketing Jasa *3
Marketing Strategik *3
Mengelola Pelatihan dan Pengembangan3
Metode Penelitian untuk Operasional Bisnis3
Operasi Strategis dan Manajemen Proses3
Penciptaan Nilai Strategis *3
Pengembangan Organisasi *3
Penilaian Bisnis *3
Perencanaan Pengendalian Keuangan *3
Perilaku Konsumen *3
Perilaku Organisasi dan Budaya Perusahaan *3
Produk Portofolio Strategis *3
Proyek dan Pengembangan Manajemen *3
Rekayasa Keuangan *3
Riset Human Resource *3
Riset Keuangan Lanjutan3
Riset Marketing *3
Seminar Tugas Akhir (Seminar Tesis)1
Sistem Informasi Akuntansi Lanjutan *3
Sistem Pendukung Eksekutif untuk Bisnis3
Sistem Pengendalian Manajemen *3
Sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan *3
Statistik Manajemen3
Strategi Manajemen Marketing3
Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia *3
Strategi Pengembangan Komsumen *3
Struktur Keuangan *3
Teori Organisasi dan Desain3
Tesis6
Topik Khusus Marketing *3

No comments

Powered by Blogger.